21 Juli 2011

Für Elise, Instrumental di Music Box....

Masih inget gag temen-temen sama yang namanya kotak musik???
Dulu waktu aku kecil, lagi jaman-jamannya pada pamerin music box masing-masing. Nah, karena iri ngliat temen punya tu barang, akhirnya dengan bantuan segenap rengekan (Ha...ha..., aku ngerengak minta beliin kotak musik), Aku punya satu.

Dulu music box-ku berwarna hitam berbentuk hati. Terus kalo di buka ada sebuah lempengan yang muter-muter. Karena penasaran kok bisa muter-muter, (coz masih kecil-innocence) ku banting dan ku utak-utik deh tu barang. Yah...., hancur akhirnya....

Dan sekarang karena aku udah gede, aku penasaran cari instrument yang ada di kotak musik itu.


 Dan ternyata namanya 'Bagatelle No. 25 in A minor' dan nama Bekennya 'Für Elise', itu Bahasa Jerman yang artinya 'Teruntuk Elise'. Für Elise adalah salah satu Instrumental terkenal karya Ludwig Van Beethoven.



Apakah kalian tahu Story di balik instrument ini???
Yap, Für Elise diciptakan untuk seseorang yang dicintai Beethoven (setelah googling yang namanya) Therese Malfatti von Rohrenbach zu Dezza, but karena mungkin Beethoven kelamaan gag ngungkapin perasannya, Siapa Cepat Dia Dapat!!! Therese malah akhirnya menikah dengan orang lain.



Ketika karya tersebut dipublikasikan tahun 1865, penemunya, Ludwig Nohl, salah menyalin judulnya sehingga menjadi "Für Elise", karena tulisan Beethoven yang tidak rapi. Sebenarnya judul aslinya "Für Thesere". Dan andai saja yang dimaksud Beethoven memang benar-benar Elise, para peneliti belum mengetahui siapa itu Elise. 


 BTW, itulah rahasia di balik kotak musik kita jaman dulu. Instrument ini akan selalu mengingatkan kita pada kesungguhan cinta sang Musisi, Ludwig Van Beethoven.

2 komentar:

  1. makasih aku seneng banget sama instrument yang ada di kotak musik gtuu ... akhirnya dapet juga nama instrumentnya makasih yaa ...

    BalasHapus

Tell me anything to be better, better and better again. So, dont be a silent reader, Please.